Monday, 27 June 2016

RPP Bahasa Indonesia



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama                                      : Ahmad Ardiansyah
Satuan Pendidikan       : SD
Kelas/Semester              : II/2
Tema Pembelajaran     : Hiburan
Jumlah Pertemuan       : 1x pertemuan ( 3 x 30 menit )

A. Standar Kompetisi
     7. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca nyaring dan membaca dalam hati.
B. Kompetisi Dasar
     7.2. Menyebutkan isi teks agak panjang ( 20-25 kalimat ) yang dibaca dalam hati
C. Indikator
     7.2.1 Menjawab pertanyaan tentang isi teks agak panjang ( 20-25 kalimat )
D.Tujuan Pembelajaran
     1. Melalui kegiatan tanya jawab, siswa dapat menjawab 5 pertanyaan isi teks  
         yang berjudul semut dan belalang



E. Materi Ajar

SEMUT DAN BELALANG
Pada siang hari di akhir musim gugur, satu keluarga semut yang telah bekerja keras sepanjang musim panas untuk mengumpulkan makanan, mengeringkan butiran-butiran gandum yang telah mereka kumpulkan selama musim panas. Saat itu seekor belalang yang kelaparan, dengan sebuah biola di tangannya datang dan memohon dengan sangat agar keluarga semut itu memberikan sedikit makan untuk dirinya.
"Apa!" teriak sang Semut dengan terkejut, "tidakkah kamu telah mengumpulkan dan menyiapkan makanan untuk musim dingin yang akan datang ini? Selama ini apa saja yang kamu lakukan sepanjang musim panas?"
"Saya tidak mempunyai waktu untuk mengumpulkan makanan," keluh sang Belalang; "Saya sangat sibuk membuat lagu, dan sebelum saya sadari, musim panas pun telah berlalu."
Semut tersebut kemudian mengangkat bahunya karena merasa gusar.
"Membuat lagu katamu ya?" kata sang Semut, "Baiklah, sekarang setelah lagu tersebut telah kamu selesaikan pada musim panas, sekarang saatnya kamu menari!" Kemudian semut-semut tersebut membalikkan badan dan melanjutkan pekerjaan mereka tanpa memperdulikan sang Belalang lagi.
Ada saatnya untuk bekerja dan ada saatnya untuk bermain.

F. Alokasi Waktu
     2 X 30 menit.

G. Metode Pembelajaran
      Tanya jawab.

H. Kegiatan Belajar Mengajar
      Kegiatan awal
      1. Salam.
      2. Do’a.
      3. Mengecek kehadiran siswa.
      4. Apersepsi                                              :  Anak-anak siapa yang sudah                    
                                   pernah membaca atau mendengar cerita maupun dongeng? Hari ini kita akan belajar tentang melakukan tanya jawab isi teks agak panjang ( 20-25 kalimat ) yang berjudul ‘’semut dan belalang’’.
     5. Informasi tujuan pembelajaran               :  Dalam pembelajaran kali ini bapak     
                                                                           harapkan kalian bisa menjawab      
                                                                           pertanyaan dan bisa membaca  
                                                                           dengan baik dan benar.
      Kegiatan inti
      1.Siswa menyimak dalam hati saat  guru  membacakan cerita semut dan   belalang.
      2.Guru bertanya kepada kepada siswa mengenai yang terdapat dalam cerita tersebut.
      3.Guru melakukan tanya jawab kepada siswa untuk menjawab soal.
      4.Guru menanyakan kepada siswa yang lain apakah jawaban yang di  jawab teman nya itu betul atau tidak.
      5.Guru memberikan Apresiasi baik dan motivasi kepada siswa yang sudah menjawab pertanyaan guru.
6.Guru mengajak siswa bermain sambil belajar.
      7.Guru menanyakan kepada siswa apakah senang dengan mendengar  cerita.

      Kegiatan penutup
     1.Menyimpulkan materi.
     2.Memberikan pesan moral baik untuk siswa.
     3.Menutup pertemuan dan berdo’a.
I. Penilaian Hasil Belajar
     Evaluasi
    1.Hewan apa saja yang terdapat pada dalam cerita tadi?
    2.Apa yang di kumpulkan satu keluarga semut?
    3.Apa yang di pegang oleh si belalang?
    4.Watak apa saja yang di miliki semut?
    5.Apa kesimpulan dari cerita  tadi?

    Kunci Jawaban
    1.Semut dan Belalang.
    2.Gandum.
    3.Biola.
    4.Rajin dan kikir.
    5.Ada saatnya untuk bekerja dan ada saatnya untuk bermain
    Penilaian
NO
No Skor
Bobot
Skor
1
1
2
20
2
2
2
20
3
3
2
20
4
4
2
20
5
5
2
20

Jumlah
100


J. Media Dan Sumber Belajar     
A. Media
- Bacaan cerita semut dan belalang.
- Gambar animasi semut dan belalang.

B. Sumber Belajar
Karsidi.2015. Bahasa Indonesia. Solo: Global. Halaman 90

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Ahmad Ardiansyah | Suppord by Universitas Tanjungpura - Pontianak | Kalimantan Barat