Monday, 27 June 2016

RPP MATEMATIKA



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan pendidikan : SD
Mata Pelajaran       : Matematika
Kelas/semester        : II/2
Nama                       : Ahmad Ardiansyah


A. Standar Kompetisi.
       3. Melakukan perkalian dan pembagian bilangan sampai dua angka.
B. Kompetisi Dasar.
       3.3.  Melakukan operasi hitung campuran.
C. Indikator.
      3.3.1. Memberikan contoh soal hitung campuran
      3.3.2.Menghitung hitung campuran
      3.3.3. Memecaahkan masalah hitung campuran dalam kegiatan sehari-hari
D.Tujuan pembelajaran.
      1. Dengan bimbingan guru,siswa dapat menghitung bilangan campuran
      2. Dengan bimbingan guru,siswa dapat memberikan contoh bagaimana soal    
          hitung campuran.
      3. Dengan bimbingan guru siswa dapat memecahkan masalah hitung  
             campuran dalam kegiatan sehari-hari

E. Materi ajar
       Operasi hitung campuran adalah menyelesaikan perhitungan yang terdiri  
       dari perkalian, pembagian, penjumlahan dan pengurangan. Aturan  
       pengerjaannya :
       1. Operasi di dalam tanda kurung didahulukan.
       2. Penjumlahan dan pengurangan sama kuat, jadi yang dikerjakan           
           terlebih dahulu adalah yang berada di sebelah  kiri dengan cara
           dikelompokkan. Contoh : 450 – 150 + 100 =(450–  150) + 100
       3. Perkalian dan pembagian sama kuat, yang dikerjakan terlebih dahulu  
           adalah yang berada di sebelah kiri  dengan cara dikelompokkan.  
           Contoh : 4 x 5 : 2 = (4 x 5) : 2 = 20 : 2 = 10
       4. Perkalian/pembagian lebih kuat dari penjumlahan/pengurangan, yang  
           dikerjakan terlebih dahulu adalah operasi perkalian/pembagian dengan  
           cara dikelompokkan. Contoh :23 – 8 x 2 = 23 – (8 x 2)  = 23 – 16 = 7
           Contoh soal hitung campuran:
           27 - 6 x 2                =  27 - 6 x 2  = 27 - 6 x 2
                                                 = 27 - 12
                                                 = 15
                         Jadi  27 - 6 x 2 = 15

F. Alokasi waktu
             2 X 35 menit
G. Metode pembelajaran.
              Tanya jawab dan demanstrasi
H. Kegiatan belajar mengajar
              Kegiatan awal:
              1.Guru menyuruh perwakilan kelas memimpin membuka  kegiatan dan   
                 berdoa.
              2.guru menanyakan kehadiran siswa.
              3.guru memberikan apresiasi kepada siswa untuk menggali pengetahuan   
                 awal siswa dengan memberikan pertanyaan seperti:
               a.coba sebutkan operasi hitung campuran ?
              4. guru menyampaian tujuan pembelajaran.
              Kegiatan inti.
              1.guru menanyakan kepada siswa hitungan apa saja yang terdapat dalam  
                  penghitungan campuran.
              2.guru memberikan penjelasan kepada siswa mengenai hitung campuran    
                 (Elaborasi)
              3. guru meminta salah satu siswa membacakan hitungan yang ada di  
                  buku paket (elaborasi)
              4. guru membuat contoh soal di papan tulis dan memberikan kesempatan  
                  untuk salah satu siswa untuk maju dan menjawab nya (elaborasi)
              5. siswa mengamati contoh soal tersebut lalu menjawab pertanyaan yang                  
                  di berikan guru (elaborasi)
              6. setelah jawabannya benar guru menjelaskan kembali dari apa yang di
                  jawab siswa
               7.guru membimbing siswa mengerjakan soal yang mengenai  
                  penghitungan campuran dengan   baik pada soal
              8.guru meminta siswa mencatat apa yang telah di pelajari
              9.guru memberikan penguatan konsep yang belum tepat kepada siswa  
                 supaya mudah di mengerti.
              Kegiatan penutup:
              1.guru menanyakan kepada siswa “dari materi tadi siapa yang sudah bisa  
                 menghitung dengan pecahan campuran dengan benar?
              2.guru memberikan pesan moral baik untuk siswa
              3.guru memberikan pekerjaan rumah yang ada di buku setiap akhir  
                 pertemuan
              4.guru menutup pelajaran dengan mengucapkan salam

I. Sumber dan media pembelajaran.
    A.Sumber belajar. , purmomusidi,wiyanto dan endang.2007. Matematika 2   
    untuk sd/mi.jakarta: pusat perbukuan departemen pendidikan nasional
    B.Media pembelajaran
    Buku dan pensil
J.Evaluai
   A. Tes
    Selesaikan soal penghitungan campuran berikut !
    1. 27 : 9 : 3 =
    2. 31 + (23 - 17) =
    3. 24 : 3 x 2 =
B.Kunci Jawaban dan penilaian
1.27 : 9 : 3
 = 3 : 3 = 1
 Jadi 27 : 9 : 3  = 1
2. 31 + (23 - 17) = 31 + 6 = 37
 Jadi 31+(23-17) ialah 37
3. 24 : 3 x 2 = 8 x 2 = 16
  Jadi 24 : 3 x 2 = 16

Penilaian
                                                      Skor yang benar
Nilai Akhir =                                           X 100
                              Jumlah skor
 













0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Ahmad Ardiansyah | Suppord by Universitas Tanjungpura - Pontianak | Kalimantan Barat