Penjelasan dari
Kegiatan Pembuka, Isi, dan Penutup yang dapat guru
lakukan agar lebih konkret dan dapat lebih mudah di pahami oleh siswa yaitu :
Kegiatan Pembuka :
Langkah 1 : Mengucapkan salam
sebelum masuk ke kelas guru hendaknya teah menyiapkan materi ajar yang akan
di berikan kepada siswa. Ketika guru masuk ke kelas maka guru harus memberikan
salam dan senyuman hangat serta tanyakan kondisi siswa agar dapat membangun
hubungan yang baik antara guru dan siswa. Hal ini dilakukan untuk memberi
semangat secara emosional kepada siswa.
Langkah 2 : Memberikan motivasi terhadap
materi ajar
“Siapa yang tidak suka pelajaran Matematika ?”. siswa menunjuk tangan
pertanda ia tidak suka matematika. Guru dapat mengatakan “saya dahulunya sangat
tidak suka matematika, ibu (Guru) selalu selalu menjauhi pelajaran matematika,
namun ibu (Guru) menyadari semakin ibu (Guru) menjauhi pelajaran matekatika
nilai ibu (Guru) semakin buruk. Apalagi pelajaran matematika selalu diajarkan
sampai perguruan tinggi. Pada saat ibu(guru) menyadarinya ibu (guru) berusaha
untuk mngenal matematika lebih baik walaupun diawal sangat sulit”. Belajar
Matematika perlu kesabaran dan ketelian dalam memecahkan dan menyelesaikan
soal. Jadi untuk dapat menguasai matemtika anak inu (Guru) harus sabar dan
mempunyai untuk menguasainya. memberikan motivasi ini kepada siswa dapat meningkatkan niat siswa
terhadap matematika.
Langkah 3 : Mengaitkan pengalaman siswa dengan materi ajar
“ Siapa yang ingin mejadi arsitektur dan bagian Teknik Sipil ?” tanya ibu (Guru) kepada siswa-siswinya. Bagi anak-anak ibu yang
ingin menjadi arsitektur tidak hanya mahir dalam
menggambar namun juga harus mahir dalam matematika terutama dalam hal teori
trigonometri dan aplikasinya. Teknik sipil juga sangat membutuhkan ilmu
trigonometri agar dapat menghitung bangunan dengan tepa. Mengaitkan pengalaman
siswa dengan materi ajar. Hal ini dilakukan agar siswa dapat berfikir dengan
lebih nyata terhadap materi yang akan dikuasainya. Materi yang akan diajarkan
adalah operasi hitung bentuk aljabar.
Langkah 4: Memberi acuan / batasan materi yang harus dipahami siswa
“Sudah dibaca bukunya anak-anak ibu (guru) sekalian ?. Pelajaran yang harus
dikuasai untuk hari ini yaitu harus tau bagian-bagian dari segitiga. Dimana
setiap sisi dari segitiga merupakan bagian dari trigonometri. Trigonometri erat
kaitannya dengan sinus, cosinus, cosekan, sekan, tangen, dan cotangen. Yang
kita nahas pada hari ini merupakan dasar dari Trigonometri sebagai pengingat
anak-anak ibu. Jika siswa membuat
keributan da menggangu teman sebangkunya maka guru dapat menanyakan kepada
siswa yang membuat keribuatan secara pribadi dengan mendatangi ke bangku siswa.
Memberi acuan / batasan materi yang harus dipahami siswa.
Kegiatan Inti :
Langkah 1 : Memperkenalkan segitiga
untuk me-refresh ingatan anak ibu diwaktu SMP. “masih ingat dengan
segitiga” ? ada yang bisa jawab anak-anak ibu sekalian ? siswa menjawab “
Segitiga merupakan banguna yang terdiri dari tiga sisi dan tiga sudut ibu
(guru)” jawab salah satu siswa. Guru memberi umpan balik terhadap siswa. “apakh
hal itu benar anak-anak ibu (Guru) ?”. siswa menjawab “iya buk”. Tepuk tangan
dulu buat teman kita yang sudah menjawab dengan benar (memberi penguatan dan
rewerd).
Langakah 2 : Mengajak siswa untuk menentukan sisi samping, depan, dan sisi
miring
guru mulai menerangkan. Segitiga mempunya sisi seperti terlihat di gambar :
Sisi AC
merupakan sisi miring
Sisi AB
merupakan sisi samping
Sisi BC
merupakan sisi depan
Segitiga
memiliki sudut yaitu : A, B, dan C
Ada yang perlu
ditanyakan lagi anak=anak ibu (Guru) sekalian ?
Langkah 3 : Memperkenalkan kepada siswa apa yang dimaksud dengan trigonometri
“anak-anak ibu (guru) apakah ada yang tahu
mengenai Trigonometri ? Trigonometri {dari bahasa Yunani, Trigonon dan
Metro} Trigonon sendiri memiliki arti Tiga Sudut dan Metro berarti mengukur. Dari kedua arti
tersebut Trigonometri sendiri adalah sebuah cabang Matematika yang berhadapan
dengan sudut segitiga dan mempunyai tiga fungsi yaitu Sinus, Cosinus, dan
Tangen. Trigonometri adalah bagian dari suatu Geometri. “jadi anak-anak ibu dalam trigonometri kita akan membahas mengenai sudut.
Namun pada hari ini kita akan membahas syarat-sayarat dalam mepelajari
trigonometri ini.
Langkah 4 : Mengajak siswa untuk menentukan letak sinus, cosinus, sekan,
cosekan, tangen, dan kotangen
di dalam Trigonometri terdapat sinus, cosinus,
cosekan, sekan, tangen, dan cotangen.untuk dapat menentukan nilai dan letaknya
maka yang harus naka-anak ibu ketahui adalah :
Langkah 5 : Mengajak siswa untuk menentukan nilai dari sinus, cosinus, sekan,
cosekan, tangen, dan kotangen
guru mengajak siswa untuk menentukan contoh
soal yang diberikan soal dapat dikerjakan oleh guru namun tetap harus mengajak
siswa aktif untuk menjawab. “ibu kasih contoh soal dan ibu berikan kamu gambar
segitiga sebagai berikut :
ketentuan nilai a = 6 : b = 8 :
c = 10
Maka kita dapat menyelesaikan soalnya dengan
ketentuan dan aturan yang telah ibu (guru) jelaskan :
“apakah anak ibu sudah paham terhadap materi
ini?”
Langkah 6 : Mengajak siswa untuk melakukan contoh soal 1
untuk menguji anak – anak ibu apakah sudah
paham atau tidak maka ibu akan beri 1 soal yang akan di jawab oleh salah satu
teman kamu.
di berikan
nilai sisi AB= 7 : AC= 8 : BC = 10 maka tentukanlah , cosinus, cosekan, sekan,
tangen, dan cotangen :
Langkah 7 : Menunjuk satu siswa untuk menjawab contoh soal 2
coba
“Andi” perikasa apakah yang dijawab oleh “Santo” benar ?? Andi menjawab : Benar
bu (guru). “coba anak-anak yang lain, sudah benar ??” Ibu (guru) memberi umpan
baik. “sudah benar ibu (guru).
Langkah 8 : “ apakah anak-anak ibu (Guru) sudah paham semua ?” atau ada
yang perlu ditanya kembali ?. jika guru menemukan siswa yang bermain pada
proses pembelajaran maka guru dapat tanya kepada siswa tersebut apakah ia paham
atau tidak terhadap materi ajar yang diberikan. Hal ini dilakukan agar siswa
yang membuat ribut tersebut menjadi malu untuk berbuat keribut lagi. Memberikan
kesempatan bertanya kepada siswa agar materi pelajaran benar-benar dapat
dipahami oleh siswa.
Kegiatan Penutup :
Langkah 1 : Memberikan kesimpulan materi ajar
“siapakah dari anak-anak ibu yang dapat
menyimpulkan materi ajar kita hari ini”? lalu peserta didik 1 menunjuk tangan.
“ya, silahkan beri tahu ibu (guru) dan teman-teman kesimpulan kita belajar hari
ini”. “hari ini pelajaran kita mengenai Trigonometri untuk Jumlah dan Selisih
Dua Sudut.
. Hal yang perlu diingat dalam mempelajari ini
adalah bahwa dalam menentukan cosinus, cosekan, sekan, tangen, dan cotangen
harus ingat aturan-ataruran trigonometri. Maka guru dapat bertanya kembali
kepada peserta didik yang lain “pakah benar yang dikatakan oleh teman kita
naka-anak?”. Peserta didik yang lain “ya buk “. Maka guru berkata “ beri tepuk
tangan” ..
Langkah 2 : Memberikan tugas rumah
karena anak-anak ibu (guru) paham semua maka anak-anak dapat mengerjakan
tugas sebagai pekerjaan rumah (PR) di buku paket halaman 39 bagian A, B, dan C.
Besok kita periksa bersama dan ibu (guru) masukkan ke daftar nilai sebagai
nilai PR.
Langkah 3: Mengucapkan salam.
“ bel sudah berbunyi maka pertanda berakhir pelajaran matematika kita hari
ini. Untuk itu ibuu ucapakan terimah kasih atas perhatian anak-anak ibu
sekalian. Jangan lupa kerjakan PR nya karena PR nya akan ibu masukkan ke daftar
nilai dan baca buku paketnya halaman 38 mengenai perkalian dan pembagian dalam
bentuk aljabar yang akan kita bahas untuk minggu depan. Sebagai akhir dari
pelajaran kita ini ibu ucapakn Assalamuaikum,.
0 comments:
Post a Comment