Tuesday, 3 January 2017

Kebohongan AL Qura'an segeralah tonton



di balik judul yang buruk , pasti akan banyak orang penasaran dengan isi nya, begitu realita media sekarang, sehingga kita harus mempunyai ide yang bagus untuk memperlihatkan suatu kebenaran kepada kahalayak banyak, kita berbagi bukan dikarnakan merasa alim, akan teetapi kita saling belajar untuk bangkit dan memperbaiki diri,Manusia pun makhluk hina yg tidak luput dari dosa.
habis gelap terbitlah terang, semoga ALLAH yg maha membolak balikan hati kita memperkuatkan keimanan kita agar tetap di jalan NYA
Medsos perantara berbagi hal positif untuk semua umat.
ALLAHU AKBAR !!!
#PTK #KTP  #INA #SKJ

Wednesday, 7 December 2016

Dua Ribu Guru Menumpuk di Ketapang

KETAPANG - Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Ketapang, Jahilin membenarkan saat ini memang masih terjadi penumpukan guru di Kota Ketapang dan sekitarnya. Khususnya guru status pengawai negeri sipil menurutnya lebih kurang 2 ribu guru.
“Penumpukan guru itu terjadi di Kecamatan Delta Pawan, Benua Kayong, Muara Pawan, Matan Hilir Selatan dan Matan Hilir Utara. Jumlahnya khusus yang PNS sekitar 2 ribu orang tidak termasuk guru berstatus kontrak,” paparnya.
Hal tersebut terjadi karena ketika guru di tempatkan di pedalaman. Para guru itu terkendala beberapa hal seperti akses jalan, tidak ada rumah dinas dan lain-lain.
Sehingga guru tidak betah bahkan terkadang terpaksa harus pulang ke Kota Ketapang.
Menurutnya jika Pemerintah menyiapkan fasilitas seperti rumah dinas agar guru di pedalaman bisa menetap.
Misalnya jika ada guru bertugas 20 tahun di pedalaman. Maka rumah dinas diserahkan menjadi milik pribadi guru tersebut.
“Mungkin hal tersebut bisa mengatasi persoalan dan guru-guru tidak ada lagi menumpuk hanya di kota dan sekitarnya. Namun saat ini akses jalan sulit dan masih ada di sekolah yang tidak ada memiliki rumah dinas,” ungkapnya.
Ia menjelaskan mengatasi penumpukan guru juga bisa melalui program mobile teacher atau program guru dari wilayah padat guru ke daerah kekurangan guru. Tapi program itu belum bisa dijalankan karena banyak guru bersuamikan Polisi, Tentara dan lain-lain.
Sehingga guru tersebut harus mengikuti suaminya yang bertugas di kota. Sebab itu mengatasi persoalan ini menurutnya perlu pemikiran matang. Namun pihaknya sudah mengantisipasi dan mencegah semakin menumpuknya guru di kota Ketapang.
Di antaranya mengimbau kepala sekolah di kota agar tidak menerima guru pindahan dari pedalaman jika tak memiliki persyaratan lengkap dan sesuai aturan. Terhadap guru di kota juga diminta tidak menuntut tunjangan sertifikasi dan tambahan penghasilan.
“Kita minta guru di kota tidak menuntut tunjangan dan penghasilan tambahan jika tidak bisa mencapai jam mengajar 24 jam dalam sepekan. Jadi itu memang resiko mereka mengajar di perkotaan,” ujarnya. (bnd)

Wednesday, 9 November 2016

Tips Mengajar Pertama Kali Bagi Guru Pemula


Mengawali karir menjadi tenaga pengajar atau guru merupakan suatu hal yang membanggakan, menyenangkan sekaligus menegangkan. Bila pada hari pertama anda berhasil mengajar dengan baik maka pastinya anda akan mendapat kesan yang baik pula dari teman sejawat anda atau pun dari siswa didik anda. namun apa yang terjadi bila hari pertama anda mengajar anda nervous, gugup sehingga melakukan hal-hal yang tidak anda inginkan..???  nah untuk menghindari hal-hal yang tidak anda inginkan tersebut, yang siap menghantui anda seumur hidup. zona info semua menghadirkan Tips Jitu Mengajar Pertama Kali Bagi guru pemula langkah-langkah yang harus anda lakukan cukup sederhana antara lain :

  1. usahakan anda sarapan/makan pagi sebelum berangkat bekerja, hal ini sederhana namun penting dilakukan karena kondisi perut yang kosong akan membuat anda sulit berkonsentrasi maksimal disaat mengajar
  2. siapkan semua perlengkapan yang anda butuhkan, seperti buku pedoman, RPP, Silabus, dll hal ini penting dilakukan agar ketika anda mengajar tetap sesuai dengan program yang sudah anda tetapkan.
  3. ketika anda memasuki kelas, usahakan ucapkan salam dan melakukan absensi terlebih dahulu. karena dengan melakukan langkah ini anda akan dapat mengenal kondisi kelas dengan baik serta menimbulkan kesan yang baik pula pada siswa didik anda.
  4. perkenalkan diri anda (nama, alamat dll) agar siswa didik anda merasa lebih dekat dengan anda dan tidak merasa anda sebagai orang asing.
  5. gunakan metode pembelajaran yang tepat ketika anda mengajar, dan usahakan sesekali memberikan sedikit jooke/humor kepada siswa didik anda agar mereka tidak merasa bosan.
  6. tutuplah proses belajar mengajar dengan baik, dan akhiri dengan salam dan senyum terkembang.
demikian  Tips Mengajar Pertama Kali Bagi guru pemula dari zona kepobanget26.com semoga dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi kita semua terutama bagi para guru pemula.

Wednesday, 12 October 2016

LANGKAH-LANGKAH MIKRO TEACHING YANG BAIK


Penjelasan dari Kegiatan Pembuka, Isi, dan Penutup yang dapat guru lakukan agar lebih konkret dan dapat lebih mudah di pahami  oleh siswa yaitu :
Kegiatan Pembuka :
Langkah 1 : Mengucapkan salam
sebelum masuk ke kelas guru hendaknya teah menyiapkan materi ajar yang akan di berikan kepada siswa. Ketika guru masuk ke kelas maka guru harus memberikan salam dan senyuman hangat serta tanyakan kondisi siswa agar dapat membangun hubungan yang baik antara guru dan siswa. Hal ini dilakukan untuk memberi semangat secara emosional kepada siswa.
Langkah 2 : Memberikan  motivasi terhadap materi ajar
“Siapa yang tidak suka pelajaran Matematika ?”. siswa menunjuk tangan pertanda ia tidak suka matematika. Guru dapat mengatakan “saya dahulunya sangat tidak suka matematika, ibu (Guru) selalu selalu menjauhi pelajaran matematika, namun ibu (Guru) menyadari semakin ibu (Guru) menjauhi pelajaran matekatika nilai ibu (Guru) semakin buruk. Apalagi pelajaran matematika selalu diajarkan sampai perguruan tinggi. Pada saat ibu(guru) menyadarinya ibu (guru) berusaha untuk mngenal matematika lebih baik walaupun diawal sangat sulit”. Belajar Matematika perlu kesabaran dan ketelian dalam memecahkan dan menyelesaikan soal. Jadi untuk dapat menguasai matemtika anak inu (Guru) harus sabar dan mempunyai untuk menguasainya. memberikan motivasi ini  kepada siswa dapat meningkatkan niat siswa terhadap matematika.
Langkah 3 : Mengaitkan pengalaman siswa dengan materi ajar
Siapa yang ingin mejadi arsitektur dan bagian Teknik Sipil ?” tanya ibu (Guru) kepada siswa-siswinya. Bagi anak-anak ibu yang ingin menjadi arsitektur tidak hanya mahir dalam menggambar namun juga harus mahir dalam matematika terutama dalam hal teori trigonometri dan aplikasinya. Teknik sipil juga sangat membutuhkan ilmu trigonometri agar dapat menghitung bangunan dengan tepa. Mengaitkan pengalaman siswa dengan materi ajar. Hal ini dilakukan agar siswa dapat berfikir dengan lebih nyata terhadap materi yang akan dikuasainya. Materi yang akan diajarkan adalah operasi hitung bentuk aljabar.
Langkah 4: Memberi acuan / batasan materi yang harus dipahami siswa
“Sudah dibaca bukunya anak-anak ibu (guru) sekalian ?. Pelajaran yang harus dikuasai untuk hari ini yaitu harus tau bagian-bagian dari segitiga. Dimana setiap sisi dari segitiga merupakan bagian dari trigonometri. Trigonometri erat kaitannya dengan sinus, cosinus, cosekan, sekan, tangen, dan cotangen. Yang kita nahas pada hari ini merupakan dasar dari Trigonometri sebagai pengingat anak-anak ibu.  Jika siswa membuat keributan da menggangu teman sebangkunya maka guru dapat menanyakan kepada siswa yang membuat keribuatan secara pribadi dengan mendatangi ke bangku siswa. Memberi acuan / batasan materi yang harus dipahami siswa.
Kegiatan Inti :
Langkah 1 : Memperkenalkan segitiga
untuk me-refresh ingatan anak ibu diwaktu SMP. “masih ingat dengan segitiga” ? ada yang bisa jawab anak-anak ibu sekalian ? siswa menjawab “ Segitiga merupakan banguna yang terdiri dari tiga sisi dan tiga sudut ibu (guru)” jawab salah satu siswa. Guru memberi umpan balik terhadap siswa. “apakh hal itu benar anak-anak ibu (Guru) ?”. siswa menjawab “iya buk”. Tepuk tangan dulu buat teman kita yang sudah menjawab dengan benar (memberi penguatan dan rewerd).
Langakah 2 : Mengajak siswa untuk menentukan sisi samping, depan, dan sisi miring
guru mulai menerangkan. Segitiga mempunya sisi seperti terlihat di gambar :
https://encrypted-tbn1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTwqfzhpcWILYFTwwhXnTMLhnf7JpDRTGZmavKobdL5uWnwq_p2
Sisi AC merupakan sisi miring
Sisi AB merupakan sisi samping
Sisi BC merupakan sisi depan
Segitiga memiliki sudut yaitu : A, B, dan C
Ada yang perlu ditanyakan lagi anak=anak ibu (Guru) sekalian ?
Langkah 3 : Memperkenalkan kepada siswa apa yang dimaksud dengan trigonometri
“anak-anak ibu (guru) apakah ada yang tahu mengenai Trigonometri ? Trigonometri {dari bahasa Yunani, Trigonon dan Metro} Trigonon sendiri memiliki arti Tiga Sudut dan Metro berarti mengukur. Dari kedua arti tersebut Trigonometri sendiri adalah sebuah cabang Matematika yang berhadapan dengan sudut segitiga dan mempunyai tiga fungsi yaitu Sinus, Cosinus, dan Tangen. Trigonometri adalah bagian dari suatu Geometri. “jadi anak-anak ibu dalam trigonometri kita akan membahas mengenai sudut. Namun pada hari ini kita akan membahas syarat-sayarat dalam mepelajari trigonometri ini.
Langkah 4 : Mengajak siswa untuk menentukan letak sinus, cosinus, sekan, cosekan, tangen, dan kotangen
di dalam Trigonometri terdapat sinus, cosinus, cosekan, sekan, tangen, dan cotangen.untuk dapat menentukan nilai dan letaknya maka yang harus naka-anak ibu ketahui adalah :
Langkah 5 : Mengajak siswa untuk menentukan nilai dari sinus, cosinus, sekan, cosekan, tangen, dan kotangen
guru mengajak siswa untuk menentukan contoh soal yang diberikan soal dapat dikerjakan oleh guru namun tetap harus mengajak siswa aktif untuk menjawab. “ibu kasih contoh soal dan ibu berikan kamu gambar segitiga sebagai berikut :
https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQFjWARxHbZmkrZ--VE7PXB2uy7gbWj1CZAlIjNi-4YKtBiooF7 ketentuan nilai a = 6  : b = 8 :  c = 10
Maka kita dapat menyelesaikan soalnya dengan ketentuan dan aturan yang telah ibu (guru) jelaskan :
“apakah anak ibu sudah paham terhadap materi ini?”
Langkah 6 : Mengajak siswa untuk melakukan contoh soal 1
untuk menguji anak – anak ibu apakah sudah paham atau tidak maka ibu akan beri 1 soal yang akan di jawab oleh salah satu teman kamu.
https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRN7Bz46jAbrbWzWtImGKviWw7A8XoSQ9CuZyeqOfFC4pMGxQrodi berikan nilai sisi AB= 7 : AC= 8 : BC = 10 maka tentukanlah , cosinus, cosekan, sekan, tangen, dan cotangen :
Langkah 7 : Menunjuk satu siswa untuk menjawab contoh soal 2
 coba “Andi” perikasa apakah yang dijawab oleh “Santo” benar ?? Andi menjawab : Benar bu (guru). “coba anak-anak yang lain, sudah benar ??” Ibu (guru) memberi umpan baik. “sudah benar ibu (guru).
Langkah 8 : “ apakah anak-anak ibu (Guru) sudah paham semua ?” atau ada yang perlu ditanya kembali ?. jika guru menemukan siswa yang bermain pada proses pembelajaran maka guru dapat tanya kepada siswa tersebut apakah ia paham atau tidak terhadap materi ajar yang diberikan. Hal ini dilakukan agar siswa yang membuat ribut tersebut menjadi malu untuk berbuat keribut lagi. Memberikan kesempatan bertanya kepada siswa agar materi pelajaran benar-benar dapat dipahami oleh siswa.
Kegiatan Penutup :
Langkah 1 : Memberikan kesimpulan materi ajar
“siapakah dari anak-anak ibu yang dapat menyimpulkan materi ajar kita hari ini”? lalu peserta didik 1 menunjuk tangan. “ya, silahkan beri tahu ibu (guru) dan teman-teman kesimpulan kita belajar hari ini”. “hari ini pelajaran kita mengenai Trigonometri untuk Jumlah dan Selisih Dua Sudut.
. Hal yang perlu diingat dalam mempelajari ini adalah bahwa dalam menentukan cosinus, cosekan, sekan, tangen, dan cotangen harus ingat aturan-ataruran trigonometri. Maka guru dapat bertanya kembali kepada peserta didik yang lain “pakah benar yang dikatakan oleh teman kita naka-anak?”. Peserta didik yang lain “ya buk “. Maka guru berkata “ beri tepuk tangan” ..
Langkah 2 : Memberikan tugas rumah
karena anak-anak ibu (guru) paham semua maka anak-anak dapat mengerjakan tugas sebagai pekerjaan rumah (PR) di buku paket halaman 39 bagian A, B, dan C. Besok kita periksa bersama dan ibu (guru) masukkan ke daftar nilai sebagai nilai PR.
Langkah 3: Mengucapkan salam.
“ bel sudah berbunyi maka pertanda berakhir pelajaran matematika kita hari ini. Untuk itu ibuu ucapakan terimah kasih atas perhatian anak-anak ibu sekalian. Jangan lupa kerjakan PR nya karena PR nya akan ibu masukkan ke daftar nilai dan baca buku paketnya halaman 38 mengenai perkalian dan pembagian dalam bentuk aljabar yang akan kita bahas untuk minggu depan. Sebagai akhir dari pelajaran kita ini ibu ucapakn Assalamuaikum,.

Friday, 16 September 2016

15 Perguruan Tinggi Jadi Penyelenggara Program Sertifikasi Profesi Guru

Jakarta, Kemendikbud --- Sebanyak 15 perguruan tinggi ditetapkan menjadi penyelenggara program sertifikasi guru melalui jalur Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) sesuai Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti). Selanjutnya, ke-15 perguruan tinggi tersebut akan bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk menyelenggarakan program sertifikasi guru melalui PLPG pada tahun 2016.
 
Direktur Jenderal GTK Kemendikbud, Sumarna Surapranata mengatakan, 15 perguruan tinggi yang berperan sebagai Lembaga Pendidikan Tenaga kependidikan (LPTK) itu juga menjadi rayon atau penyelenggara utama yang akan bekerja sama dengan 32 perguruan tinggi subrayon dan 32 perguruan tinggi mitra, baik perguruan tinggi negeri (PTN) maupun perguruan tinggi swasta (PTS) dalam menyelenggarakan PLPG tahun 2016.
 
Ia menuturkan, PLPG tahun ini akan diselenggarakan mulai Oktober 2016, dan diharapkan kelulusan guru-guru peserta PLPG 2016 akan rampung pada Desember 2016. PLPG tahun 2016 akan diikuti 69.259 guru, baik yang diangkat sebelum tahun 2005, maupun setelah tahun 2005.
 
“Rinciannya, sebanyak 53.616 adalah guru yang diangkat sebelum dan hingga tahun 2005, dan sebanyak 15.616 adalah guru yang diangkat setelah tahun 2005,” ujar Pranata usai penandatanganan surat perjanjian kerja sama dengan rektor-rektor perguruan tinggi di Kantor Kemendikbud, Jakarta, Jumat pagi (16/9/2016).
 
Berdasarkan Kepmenristekdikti Nomor 296/M/KPT/2016 tentang Penetapan Perguruan Tinggi Penyelenggara Sertifikasi bagi Guru dalam Jabatan Melalui Program Pendidikan dan Latihan Profesi Guru, ada tiga kategori perguruan tinggi dalam penyelenggaraan PLPG, yaitu rayon, subrayon, dan mitra.
 
Lima belas LPTK yang menjadi rayon adalah Universitas Syah Kuala, Universitas Negeri Medan, Universitas Negeri Padang, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Negeri Semarang, Universitas Sebelas Maret, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Negeri Malang, Universitas Jember, Universitas Pendidikan Ganesha, Universitas Cendrawasih, Universitas Muhammadiyah Malang, dan Universitas Negeri Makasar. Dalam penyelenggaraan PLPG tahun 2016, setiap perguruan tinggi yang menjadi rayon itu akan bekerja sama dengan perguruan tinggi subrayon dan perguruan tinggi mitra yang juga telah ditetapkan dalam Kepmenristekdikti. (Desliana Maulipaksi)
 


Penulis : pengelola web kemdikbud

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Ahmad Ardiansyah | Suppord by Universitas Tanjungpura - Pontianak | Kalimantan Barat